Pengusaha Sawit Terkaya di Indonesia

Sudah puluhan tahun sektor minyak kelapa sawit / CPO berkontribusi besar pada cadangan devisa Indonesia. Oleh sebab itu tidak heran kalau para pembisnis pasti mengincar bisnis CPO di Indonesia.

Banyak daftar nama-nama orang terkaya di Indonesia juga yang sukses karena merintis usaha kebun kelapa sawit. Tidak tanggung-tanggung keuntungan harta yang mereka miliki berkat sawit ratusan triliun rupiah.

Pengusaha Sawit Terkaya di Indonesia

Apakah Anda terinspirasi dan ingin mengikuti jejak para pengusaha sawit terkaya di Indonesia ini? Maka kenalilah profil dan perjalanan karir perusahaan kebuh sawit mereka dibawah ini!

Artikel Serupa : Usaha Terbaik Dan Paling Laku Di Indonesia

Sosok Orang Terkaya di Indonesia Berkat Sawit

Sosok Orang Terkaya di Indonesia Berkat Sawit

  • Martua Sitorus

Jika di Indonesia Martua Sitorus masuk sebagai 20 orang terkaya di Indonesia, maka forbes mencatat Martua Sitorus sebagai orang terkaya di dunia dengan peringkat urut ke 1.325. Forbes mencatat total kekayaan bersih Martua Sitorus sebesar 1,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27,27 triliun.

Berkat perusahaan Group Wilmar yang bergerak dalam sektor minyak kelapa sawit, menjadikan Martua Sitorus tajir melintir seperti sekarang ini. Wilmar International Ltd pernah masuk sebagai perusahaan sawit terbesar dunia pada tahun 2018. Saat baru awal berdiri, perusahaan ini memiliki kurang dari 10.000 hektar kebun kelapa sawit di Sumatera Utara.

  • Bachtiar Karim

Di usia 62 tahun dia menempati urutan orang terkaya nomor 11 di Indonesia. Dia memiliki kekayaan USD2,6 miliar atau Rp36,4 triliun. Bersama saudara-saudara Burhan dan Bahari, Bachtiar Karim mengelola Musim Mas, sebuah perusahaan kelapa sawit terintegrasi. Luas kelapa sawit yang kini sudah Ia miliki seluas 84.000 hektare, tersebar di Kalimantan dan Sumatera Utara.

  • Anthony Salim

Bukan hanya terkenal kaya raya karena perusahaan Indomie yang dimiliki, namun Anthony Salim juga memiliki binis minyak kelapa sawit yang menjadi salah satu pemasokan kekayaan terbesarnya. Forbes mencatat Anthony Salim masuk salah satu orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan 5,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 76 triliun.

  • Ciliandra Fangiono

Dia yang berusia 43 tahun ini memiliki kekayaan senilai USD1,37 miliar atau Rp19,1 triliun. Ciliandra Fangiono menjabat sebagai CEO First Resources Ltd., sebuah perusahaan kelapa sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di seluruh Indonesia.

  • Arini Subianto

Satu-satunya untuk saat ini pembisnis wanita yang sukses dalam bidang minyak kelapa sawit adalah Arini Subianto. Forbes mencatat urutan ke 49, terdapat Arini Subianto dengan kekayaan mencapai USD600 juta atau sekitar Rp8,3 triliun. Sebelumnya perusahaan kelapa sawit yang sekarang dikelolanya adalah warisan dari sang ayah. Namun kemudian maju dan berkembang setelah diambil alih ditangan Arini Subianto.